Senin, 20 April 2009

Bisnis dan Usaha Budidaya Jangkrik


Tadi sore, tanpa sengaja, saya bertemu dengan tetangga saya. Saya memang baru 1 tahun dilingkungan ini. Namun hampir semua tetangga saya sudah kenal. Tetangga saya ini memberikan kejutan yang membahagiakan. Ternyata di kebun miliknya ia memiliki budidaya jangrik.

Bisnis dan usaha budidaya jangkrik sudah beliau tekuni 5 tahun yang lalu. dan beliau masih saja kekurangan stok untuk dijual. Memangnya jangkrik buat apaan ya ? Saya cukup tergelitik juga mendengarnya. Maklum selama ini saya berkutak di bidang teknik dan komputer.

Beliau berkisah bahwa untuk satu perlombaan kicau burung 2 hari saja dibutuhkan setidaknya 100.000 ekor jangkrik !!. Dengan nilai nominal Rp.30/ekor atau Rp. 3.000.000. WOW !! garuk garuk kepala aku jadinya.

Bisnis dan usaha budidaya jangkrik ini ternyata sangat vital. Karena jangrik itu merupakan bahan baku produk konsumtif semisal kosmetik. Luar Biasa !!. aku cuma melongok aja.

Dalam setengah bulan saja satu ekor indukan jangkrik menghasilkan 500 telur!. bayangkan dalam satu box itu terdiri dari ribuan indukan. Tak heran sekali panen ada sekitar 30.000 ekor jangkrik !! perbox !!. bayangkan kalau ada 100 box.

Berikut link yang cukup baik mengenai infomasi jangrik ini

http://sutanmuda.wordpress.com/2008/07/07/langkah-%E2%80%93-langkah-budi-daya-jangkrik/

47 komentar:

  1. kalau yang udang ada nggak ya artikelnya???yang menarik da buat pemula.

    BalasHapus
  2. pasar untuk jual jangkriknya dimana ya....apa setiap pasar ada yang beli jangkrik..??

    BalasHapus
  3. jangkrik itu terutama untuk pakan burung. coba survey dulu kecil-kecilan ke pasar. Coba berapa mintanya.

    Kalo untuk udang saya gak tau bu. Mungkin kalo saya liat langsung bisa saya angkat.

    BalasHapus
  4. udah lama pingin coba ternak jangkrik namun mash bingung nyari tempat beli bibitnya

    BalasHapus
  5. Bagaimana ya cara memberi pakan jangkrik yang baik agar cepat besar dan berkualitas

    BalasHapus
  6. Sy punya kios pakan burung wilayah kota bekasi.. ada yg ternak jangkrik wil bekasi gak? negaraular@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. bekasi nya di mana gan saya peternak jangkrik siap bekerja sama kalau beminat saya tinggal di bantar gebang,berminat silahkan hubungi 087780668260,dengan harga nego

      Hapus
  7. Keep update bosssss.......... Mantaffff.....

    BalasHapus
  8. untuk modal utama brp, alamatnya

    BalasHapus
  9. modal utama sebenarnya kemauan untuk belajar.. namanya memelihara mahluk hidup.. harus teliti dan telaten.. untuk modal uangnya tidak seberapa cukup 2 jt anda sudah bisa memulainya.. Anda tertarik untuk belajar ?

    BalasHapus
  10. Salam Kenal, saya peternak jangkrik daerah bekasi.
    sa'at ini saya menjual Telur ( Bibit ) Jangkrik,
    dan bersedia kerjasama jika ada yang ingin menerima
    Jangkrik Siap Panen

    Silahkan Kunjungi Blog Saya di
    http://www.beternakjangkrik.co.cc

    Hormat kami
    Bpk. Lili R

    BalasHapus
  11. ternak jangkrik memang menyenangkan sambil utk mengisi waktu luang & lahan luang jg tentunya, saya saat ini telah beternak jangkrik disamping utk pakan arwana yg banyak saya pelihara di rmh,
    jangkrik jg saya pasarkan berupa : jangkrik panen & telur jangkrik untuk daerah MAKASSAR & SEKITARnya. ada yg berminat bs hub 081355233444
    ok thanksss.....

    BalasHapus
  12. Saya Akhmad Yani, Depok. Ternak jangkrik per minggu bisa panen 5000 ekor.
    Jika ada yang membutuhkan jangkrik, silahkan kontak saya.
    Terimakasih,


    Akhmad Yani
    08156627660
    ibadyani@gmail.com
    ibadnyani.blogspot.com

    BalasHapus
  13. saya di balikpapan cari orang yang mau terima jangkrik dari saya. hubungi Spenamas@yahoo.com.

    BalasHapus
  14. saya peternak jangkrik! bingung pemasaran jangkrik akhir2 ini...! harga tidak stabil.... kalo ada yang brani patok harga standar? saya bersedia mensuplay tiap minggu!!!! saya di wilayah semarang

    BalasHapus
  15. kalo ada yg berani beli tiap 1kg jangkrik 25rb,

    saya bisa sediakan tiap minggu, sesuai dg permintaan.

    hub: bagoesvision@yahoo.com
    hp: 0858 6571 4443

    BalasHapus
  16. numpang lewat ,yg di jawa timur kekurangan bibit n pakan jangkrik bisa saya kirim....www.ekosubiyantorojaya@gmail.com atau 03177365536,bagi temen2 sesama peternak ayo buat kumpulan peternak agar harga pasaran stabil...

    BalasHapus
    Balasan
    1. askum mas sekarang berapa harga perkilo jangkrik yang udah siap jual...?

      Hapus
  17. ass WR Wb
    pak saya ingin bertanya
    1.bagaimana cara menyimpan telur dgn baik?
    2.berapa lama telur bisa disimpan?
    3.apa penyebab telur sering berwarna kuning dan kering??
    4.apa penyebab telur tidak menetas?
    5.apa wadah yang paling efektif untuk jangkrink ini??
    tQ
    wass.
    tlong balas ke numz ini 081532002436
    trima kasih sebelum_a

    BalasHapus
  18. Assalamualaikum..
    Nitip buka lapak ya mas..
    kami dari anggota "Gudang-Jangkrik" Wisma Asri Bekasi Jawa Barat mau menawarkan TELUR DAN JANGKRIK..
    Dengan Rincian harga :
    Jangkrik (1,2 kg): 40 rb/ karung minim 10 Karung.
    Telur jangkrik : 250 rb/kg.
    (GARANSI PASTINYA)
    Pengiriman ditanggung pembeli ya.
    Jika berminat hub: tio Bekasi 0818723020 / 085710160298
    info lebih lengkap klik aja http://gudang-jangkrik.blogspot.com/
    maturnuwun and terimakasih

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum km dr anggota "Gudang-Jangkrik" Wisma Asri Bekasi Utara numpang lapak jual jangkrik dan telur jangkrik
    Jangkrik 1.2 Kg = Rp. 40.000,- (khusus daerah bekasi) minim 10 Karung
    Telor Jangkrik 1 Kg = Rp. 200.000,- (seluruh indonesia)
    (Garansi pastinya)
    harga tidak termasuk ongkos kirim
    hub : 085710160298 - 0818723020 (tio)
    info lengkap Liat Blog kami di http://gudang-jangkrik.blogspot.com terima kasih

    BalasHapus
  20. mas' tio ko, koment yang pertama sama coment yang ke dua beda masalah harga telur per Kg nya. koment pertama mematok harga 250 rb 1kg nya, koment kedua 200 rb/Kg nya, yang mana yang perlu di patok untuk harga yang benar?????. aku pernah beli telur sama teman tapi kwalitas tetasnya tidak begitu bagus, dari 1Kg telur yang di beli hanya 1/3nya saja yang menetas, masalh kegagalan ya pasti sudah nyata. aku pengen mastikan apa telur di tempatmu bisa di jamin kwalitas tetasnya?.... kalau bisa aku akan berminat untuk membeli. salam (obet)

    BalasHapus
  21. nyuwun ngapunten/maaf mas Mempertajam Mata Bathin.. yg benar 250rb/kg klu 200rb harga waktu promosi pertama tp skr dah rame order ya kita naikin buat untungnya. dari cerita yg udah beli ke kami ktnya telurnya sih ok aja g masalah. klu emg ada masalah timbangan atau kualitas kita berani garansi lhooo... asal yg beli bener cara netasinnya. kt bs konsultasi kuk 24 jam..hehehehe makasih mas comentnya!!!

    BalasHapus
  22. ok mas tio telornya jalanin terus biar aku juga dapet duit yang penting kita sama-sama untung khan mas.dari kebalen O5/18.

    BalasHapus
  23. saya mencari kolektor/pengepul untuk hasil panen jangkrik saya...
    saya berdomisili di pondok gede bekasi.

    email : jangkrikpondok@yahoo.com
    tlpn : 085694004917 lukas

    terima kasih.

    BalasHapus
  24. bosss...kalau ada yg mau beli jangkrik tinggal hubungi ke no 021 98984304 / 081399348717

    BalasHapus
  25. wah ni bisnis patut di coba kayanya..

    BalasHapus
  26. saya minta tolang sama gan semua.saya kesulitan mencari badar/pengepul jngkrik wilayah jabotabek bila agan tau hub no hp saya 081910029220.mohon bantuan y

    BalasHapus
  27. asallamuallaikum
    untuk wilayah surabaya mana ini ...

    BalasHapus
  28. kabupaten trenggalek bagi infonya doooonkk........
    pengen coba tapi lom tau harus kemana njualnya.
    bayu, bayuwidodo7@gmail.com
    085735260536

    BalasHapus
  29. Kami mengajak Bapak, Ibu, Saudara/i untuk menekuni usaha baru yang cukup prospektif yaitu Ternak Semut Rang-rang penghasil Kroto sebagai makanan burung kicauan. Karateristik diklat ternak ini adalah :
    1. Murah, mudah dan meriah
    2. Tidak mengganggu pekerjaan yang sudah ada
    3. Bisa mempunyai penghasilan jutaan per bulan tanpa kerja kerras
    4. Tidak mengganggu lingkungan ( tenang, tempat kecil, hemat )
    5. Pasar terbuka luas dan sedikit pesaing

    Diklat ini hanya menggunakan HP dan e mail

    Jika anda tertarik silakan hubungi Prabowo 082136712513 atau e mail chasiapro@gmail.com / chasia234@yahoo.co.id

    BalasHapus
  30. saya sangat serius untk membuka peluang usaha jangkrik, kebetulan saya mempunyai komunitas atau kelompok untuk budidaya jangkrik.
    mohon petunjuk dan saran kemana saya bisa menjual hasil produksi jangkrik kami.

    contak person 085222111224.

    BalasHapus
  31. masih bingung mo coba budi daya nya...bentuk kandang nya saya aj blm paham gan..coba info nya lbh detil lg dong../?

    BalasHapus
  32. Saat ini saya sedang mencoba berternak jangkrik. Saya sdh berhasil menetaskan kurang lebih 3 ons telur jangkrik dan sekarang sudah berumur 4 minggu tetapi msaih binggung memasarkannya. Mohon bantuan di mana tempat penjualan jangkrik agar hasil panen saya bisa saya nikmati. Terima kasih.

    BalasHapus
  33. jangkrik ...... memang namanya jangkrik .... bagi yang ingin ternak pikir dan survey dulu pasarnya ... banyak orang mencoba tapi tak berkembang karena harga sangat tak stabil,

    BalasHapus
  34. yg ingin membeli jangkrik hub 085380536498 (bandar lampung)...adapun produksi kami mencapai 500rb jangkrik dalam sekali panen...harga 25rb/1000 ekor jangkrik (1000 ekor jangkrik takaran 5 gelas)

    BalasHapus
  35. benar-benar menginspirasi nih,..
    klo untuk pemula kira2 ternak brapa kilo dulu..

    BalasHapus
  36. numpng tanya gan sekrang harga jangkrik siap jual berpa perkilo gan.....mohon bantuanx area malang.....

    BalasHapus
  37. jual jangkrik wilayah ketapang kalimantan barat, per ekor Rp 40 hub. 08121599681

    BalasHapus
  38. Semua pda jual truz siapa yg beli????????

    BalasHapus
  39. ari dari cibanteng,Selasa, Desember 11, 2012

    berapa harga jangkrik perkilo sekarang

    BalasHapus
  40. Kami peternak jangkrik di Banjarbaru Kalimantan Selatan siap melayani permintaan jangkrik di kalimantan dan wilayah lain di indonesia untuk pakan burun, ikan, dll.
    Harga Rp35.000/kg silakan hubungi 081253680725

    BalasHapus
  41. kamimau tanya barangkali ada yang tau, kemana harus saya oper jangkrik yang siap panen,posisi didaerah
    patok beusi kbupaten subang jawa barat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gan msh setok jangkriknya gan perkgnya berapa gan?

      Hapus
  42. Kenapa isi nya hanya cuman berjualan jangkrik...sesekali di info pengepul nya dong...kalau semua bertani jangkrik,sdh dipastikan harga jangkrik akan semakin turun...tks.aan #halim#

    BalasHapus
  43. Ada yg wilayah yogyakarta gak ya? saya sedang pikir2 untuk ternak jangkrik, masih terbayang2 susah memasarkannya,,,

    081912976321

    BalasHapus
  44. Ternak jangkrik memang prospektif untuk masa yang akan datang,seirng dengan berkembangnya pera pecinta burung ataupun ikan hias,untuk menstabilkan harga jangkrik,untuk itu alangkah baiknya diadakan perkumpulan atau paguyuban para peternak jangkrik,yang mungkin di dalamnya banyak di peroleh manfaat setidaknya kita bisa bertukar pengalamn.

    BalasHapus

www.rumahcetak.com -- cetak, design, template