Senin, 20 April 2009

Persaingan Usaha dan Bisnis Anda


Dalam Bisnis dan Usaha tentu tidak lepas dari persaingan. Hal ini bukanlah penghambat untuk kita maju, justru membuat kita semakin belajar untuk terus berkembang dan mengusahakan bisnis menjadi yang terbaik.

Apa nikmatnya ketika kita menjadi juara tanpa perlombaan. Tapi akan jauh lebih prestisius kalau kita keluar menjadi pemenang dari suatu perlombaan yang sulit dan menantang.

Porter, seorang ahli strategi bisnis, mengemukakan adanya lima bentuk persaingan dalam suatu usaha. Satu diantaranya adalah persaingan tradisional dan empat lainnya adalah persaingan yang diperluas.

Secara tradisional, pesaing dalam usaha anda adalah perusahaan lain yang memiliki produk yang sama. Misalnya anda memiliki warung kopi maka pesaing anda adalah warung kopi lain, atau bengkel mobil maka pesaing anda adalah bengkel mobil lain, begitupun jualan baju maka pesaing anda adalah penjual baju juga. Inilah yang pada umumnya kita pahami sebagai bentuk persaingan usaha.

Namun sadarkah anda bahwa masih ada empat bentuk persaingan yang anda harus pelajari.

2. Pesaing kedua adalah produk subtitusi
Kalau anda mengelola warung kopi, maka pesaing produk subtitusi anda adalah warung teh. Kenapa ? karena hampir bisa dipastikan tidak ada orang yang mau minum teh dan kopi secara bersamaan. Dalam hal ini anda bersaing dengan warung teh untuk merebut hati konsumen. KOpi atau teh yang diminum ?


3. ketiga, persaingan datang dari kekuatan perusahaan pemasok
Kalau anda berbisnis agen koran maka perusahaan penerbit koran merupakan pesaing tidak langsung. Sewaktu-waktu perusahaan penerbit koran bisa membuat kebijakan tertentu yang bisa merugikan bahkan mematikan perusahaan anda.

Dan kalau anda bisnis agen pulsa, maka perusahaan operator selluar merupakan pesaing tidak langsung. Maka sebuah perusahaan harus dengan cermat mengamati dan mengawasi kebijakan dari perusahaan pemasok. Untuk kemudian menerapkan strategi bisnis yang tepat.


4. Keempat, persaingan secara tidak langsung datang dari kekuatan pembeli.
Kalau anda pebisnis ekspor kertas keEropa. Maka hanya dengan isu penggundulan hutan saja konsumen tidak akan mau membeli kertas anda lagi. Dan yang baru-baru ini isu abon daging sapi yang dicampur daging babi. Hal ini sudah pasti akan menjatuhkan penjualan dari abon daging yang secara jujur menjalankan usahanya.




5. Kelima, persaingan datang dari pendatang baru.
Semakin tinggi profibilitas sebuah usaha akan semakin menarik pemain baru untuk masuk. Yang harus anda perhatikan bahwa pemain baru ini akan menyerang pasar dengan harga sebagai senjatanya. Maka anda harus mempunyai kekuatan yang cukup untuk menghadapinya. Salah satu bentuk kekuatan itu adalah kekuatan finansial.



Semoga memberikan pelajaran bagi kita semua untuk tetap jeli terhadap pasar.

Disarikan dari buku "Guru Goblok ketemu Murid GOblok"

Salam Usaha !!

1 komentar:

  1. Bagus, penjelasannya simple sehingga mudah dimengerti.. Tetapi kenapa judul bukunya "Guru Goblok ketemu Murid GOblok" ya..hahaha

    BalasHapus

www.rumahcetak.com -- cetak, design, template