Rabu, 15 April 2009

Peluang Usaha dan Bisnis Electronic Club


akhirnya senang sekali ada kesempatan posting di www.bisnisupdate.com. Alhamdulillah.

Peluang usaha dan bisnis Electronis Club ini sebenarnya sudah cukup lama saya dapatkan. Kira-kira waktu saya masih duduk dibangku kuliah. Saya yang kuliah di teknik sangat senang ketika kuliah di laboratorium elektronika. Dan ketika dilab tersebut ingatan saya kembali kemasa saya SMP dan SMA dulu. Waktu di SMP saya ingat sekali praktikum elektronika membuat lampu disko. dan Waktu SMA saya di labor saya membuat bel pintu. Dan pada saat itu antusias teman-teman juga sangat tinggi.

Sayangnya hanya satu kali itu saja lab elektronika dilakukan. Sedih sekali rasanya. Padahal rasa ingin tahu begitu besar. Saya rasa temen2 saya pun mengalami perasaan yang sama. Kecewa karena praktek elektonika yang hanya sekali.

dan kekecewaan itu menjadi buah pikiran saya pada saat di kuliah.

Ya benar kenapa saya tidak membuat electronic club untuk SMP dan SMA.

Bagaimana proses bisnisnya ?

Pada saat itu saya bersama satu rekan saya membeli buku panduan elektronika yang banyak sekali dijual di toko buku. Kami beli yang kami anggap mudah dan sederhana. Lalu kami melihat salah satu rangkaian yaitu radio FM. Kami coba untuk membuatnya. dan ternyata tidak lebih dari Rp.5.000 saya habiskan untuk membuat rangkaian ini. Dan berhasil.

Apakah sudah mulai terlihat peluangnya ?

Ya. Lalu saya dan teman saya membuat bisnis plannya. Kami akan masuk ke SMP dan SMA satu persatu menawarkan ide elektronik club ini. Dengan pola langsung praktek. Target kami satu sekolah satu hari. dan setiap sekolah kebagian jatah 1 kali sebulan.

Modal

Karena target kami 30 orang maka kami membutuhkan 30 solder dan 30 plugin listrik (colokan). Kira-kira waktu itu satu solder Rp. 15.000 - Rp. 50.000. Dan colokan Rp. 5000 - 15000 beserta kabelnya berarti saya membutuhkan dana :

Pembelian solder : 30 buah x Rp. Rp. 25.000 = Rp. 750.000,-
Pembelian Colokan : 30 buah x Rp. Rp. 10.000 = RP. 300.000,-
Total Peralatan = Rp. 1.050.000,-
Ditambah lagi dengan proposal dan brosur = Rp. 500.000,-

Total Modal = Rp. 1.550.000,-

Rencana Pelatihan

Untuk SMA kami memilih modul pembuatan radio FM dengan modal modul Rp. 5.000,-. Kami menargetkan Rp. 15.000/siswa dengan jumlah 30 siswa persekolah.

Sehingga setiap pelatihan kami mendapatkan 30 siswa x Rp. 15.000 = Rp. 450.000,-
Dikurangi modal modul Rp. 5.000 x 30 = Rp. 150.000,-
Dikurangi lagi honor tutornya = Rp. 50.000,-
Total Biaya = Rp. 200.000,-

Kami masih menyisakan keuntungan bersih = Rp. 250.000/pelatihan/SMA/hari

berarti dalam sebulan 25 kali kami berpotensi mendapatkan keuntungan Rp. 6.250.000,-

ini baru dari SMA saja belum dari SMP nya. bisa dua kami lipatnya Rp.12.500.000/bulan.

Pelatihannya sendiri dilaksanakan seusai jam sekolah. sekitar satu jam. Tugas tutor menjelaskan fungsi dari setiap komponen dan bagaimana rangkaian ini berjalan. Tentunya dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti.

dan setiap bulannya modul berganti. Bahkan dari radio FM ini bisa kita modifikasi menjadi walky talky, bahkan pemancar Fm sederhana hanya untuk kalangan lokal.

Masih belum puas juga ?

Kalau anda jeli sebenarnya selama sebulan itu baru 25 sekolah SMA dan 25 sekolah SMP saja yang baru bisa tertangani. Padahal disatu daerah bisa lebih dari 100 sekolah. Terutama kota besar. Artinya dalam satu hari anda bisa melakukan lebih dari 4 kali pelatihan. Potensi yang besar bukan ?

Visi kedepannya bagaimana ?

Tentu saja visi nya adalah memiliki Electronic Club sendiri seperti halnya Bimbel Primagama. disana tidak harus diselenggarakan di sekolah cukup di tempat kita. dan kita tidak terbatas pada modul yang sederhana saja. Bisa lebih advance. Dan kita bisa membuat acara lomba dan mendapatkan dukungan sponsor. Luar Biasa bisnis ini. Apalagi kalau anda memiliki Franchise nya diseluruh Indonesia seperti bimbel primagama.

Bagaimana tertarik ?


Salam Usaha !!

7 komentar:

  1. wew..kak rifo ini memang jagonya ide2 brilian,,, sangat menginspirasi sekali,,,,,,salam sukses !!!....

    BalasHapus
  2. kak rifo,,, boleh lihat bisnis plan nya,,,, ??? kirim ke alamat email ya,,, rintojules07@gmail.com ....jazakallah.

    BalasHapus
  3. wah abang rinto.. udah gak tau bisnis plannya kemana. ini udah duluuuu banget. windowsnya aja masih win98.. wekekek dah gak tau kemana tuh harddisk. Kalo dari deskripsinya kan sudah bisa dilihat gimana prosesnya jadi ya ikutin aja dan kembangkan.

    BalasHapus
  4. waktu dulu,, berjalan berapa lama bisnis nya....kendala yang paling krusial dimana ??

    BalasHapus
  5. dulu yang paling krusial adalah waktu secara kami adalah mahasiswa. kalo sekarang kendala sudah punya bisnis yang lai. Fokus. Dulu sudah sampai ke nawarin ke sekolah2 dan itu formal. Banyak sekali yang mau. Dan minta supaya segera diselenggarakan. Sayang sekali kami tidak ada kesempatan.

    BalasHapus
  6. http://pelatihansma.blogspot.com/
    Bagi yang berminat jadi EO atu Franchase di kota anda Hubungi kami

    BalasHapus
  7. http://pelatihansma.blogspot.com/
    Bagi yang berminat jadi EO atu Franchase di kota anda Hubungi kami

    BalasHapus

www.rumahcetak.com -- cetak, design, template