Selasa, 28 April 2009

Peluang Usaha dan Bisnis Mading Sekolah



Berapakah rata2 satu koran kompas dibaca ? berdasarkan pengamatan bisnis update perbandingannya tidak lebih dari 1 : 10 orang. Artinya kalau dalam satu kali terbit Kompas sebanyak 500.000 exp artinya Kompas terbaca oleh 5 jt pembaca.

Tak heran jikalau Kompas dinobatkan sebagai koran terbesar di Indonesia.

Lalu bagaimana dengan media massa yang lainnya ? tak lebih dari 1 : 5 pembaca. Dan dengan eksemplar yang lebih sedikit. Itulah mengapa para pelaku bisnis memilih kompas sebagai media untuk beriklan. Dan anda akan terkejut ketika iklan anda harus antri masuk ke kompas.

Saya jadi berfikir media massa apa ya yang satu eksemplarnya dibaca oleh lebih dari 10 orang ??

Jawaban ini didapatkan ketika sepupu bisnis update minta artikel untuk dipasang dimading sekolahnya. Iya benar.. Mading Sekolah Jawabannya..

Bayangkan dalam satu sekolah itu rata-rata ada 1000 siswa. Dengan satu tempat mading !!. Artinya Potensi pembaca mading sekolah adalah 1 : 1000 pembaca. Luar biasa.

Peluang Usaha dan Bisnis Mading Sekolah ini lalu saya analisa.

DiJabodetabek kita ambil 500 SMA/SMK baik Swasta maupun Negeri. Berarti setiap kali terbit kita hanya perlu mencetak sebanyak 500 eksemplar. Dengan biaya produksi cetak yang minim. Tidak lebih dari 3 juta untuk sekali terbit. Namun belum termasuk biaya tambahan yang lainnya.

Dibandingkan dengan media massa lainnya seperti majalah, koran, bulletin yang membutuhkan biaya cetak yang sangat tinggi. Dengan segmen pembaca yang masih hanya diatas kertas. Tak heran jika banyak media massa yang hanya seumur jagung.

Selain itu banyak sekali keunggulan dari mading sekolah ini. Segmen jelas, Biaya Produksi rendah, dan tidak perlu terbit setiap hari. Cukup dua kali sebulan sudah sangat baik.

Salam Usaha !!

Gratis berlangganan bisnisupdate klik disini

3 komentar:

  1. trus intinya mau jadi kayak media pengiklan gitu ya fo... mungkin yang naik memang bukan ongkos cetak, tapi ongkos transportasi alias bensin buat nyebarin/nempel ke 500 sekolah itu...
    Good idea sih...

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Infonya bagus, saya tunggu info yang lainnya terima kasih karena telah memberikan pengetahuan tambahan.

    BalasHapus

www.rumahcetak.com -- cetak, design, template