Sabtu, 16 Mei 2009

Peluang Agrobisnis: Tidak Sekedar Madu


Bina Apiari Indonesia, selain memproduksi madu, giat memproduksi royal jelly, bee polen, dan propolis yang manfaatnya ternyata lebih banyak dari madu. Terbuka peluang kerja sama menjadi mitra bisnis yang saling menguntungkan.
Bicaralah soal manfaat madu. Semua manfaat positif akan keluar dari mulut mereka yang sudah mengkonsumsinya. Kandungan nutrisinya lengkap. Ada glukosa, fruktosa, enzym, vitamin, mineral, antibiotika, antioksidant. Sangat bermanfaat untuk memberikan energi ekstra bagi manusia, apalagi di jaman moderen sekarang ini. Belum fungsi kuratif untuk menyembuhan berbagai penyakit, kecantikan, estetika untuk kehalusan kulit. Manfaat madu juga sangat jelas diungkap dalam kitab suci Al Qur’an. Dalam An Nahl ayat 68-69 yang berbunyi : « ……dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia… ).

Ada lagi manfaatnya ?. Sebuah penelitian di Jerman menunjukkan anak-anak yang rutin mengkonsumi madu memiliki kecerdasan lebih dari pada anak yang tak diberi madu. Di Rusia dijumpai penduduk satu desa yang rata-rata mencapai umur diatas 100 tahun. Ternyata penduduk desa tersebut adalah peternak lebah dan mereka kerap mengkonsumsi sisa perasan madu yang. “Kotoran” saringan madu tersebut mengandung pollen, royal jelly dan propolis yang mampu meregenerasi sel mereka secara aktif sehingga mereka mencapai usia lanjut.

Menurut pemiliki Bina Apiari Indonesia (BAI), Ir. Bambang Soekartiko, perkembangan industri madu di Indonesia sangat menarik. Karena selain menghasilkan madu juga dapat memproduksi produk turunan lain yang tak kalah bermanfaatnya seperti bee pollen, royal jelly, propolis, lilin lebah, dan terapi sengat lebah. Bambang sendiri selain memproduksi madu, justru giat mengembangkan produk perlebahan lain yang sangat bermanfaat ini, karena selain manfaat kesehatan, nilai ekonomisnya juga tinggi. Bee pollen misalnya sangat bagus untuk mengembalikan kelelahan, menurunkan berat badan, meningkatkan kekebalan tubuh, merangsang kelenjar sex, sehingga bisa mengatasi impotensi. Royal jelly merupakan senyawa kompleks yang mempunyai kandungan gizi sangat lengkap, dan kompleks. Bermanfaat untuk antara lain menjaga kulit agar tidak cepat keriput dan kelihatan lebih muda dan menjaga sistem organ kita, sistem kelenjar dan sistem otak dalam keadaan baik. Propolis adalah getah tanaman yang dikumpulkan oleh lebah sangat bagus untuk antibiotik.

Bambang meyakinkan bahwa produk madu bisa diidentifikasi dari jenis bunga asal madu tersebut. Kemasan madu BAI ditampilkan sesuai dengan jenis bunga madu tersebut. Di production house dilakukan pembotolan dengan ukuran 900 mg, 400 mg, dan 250 mg, dan diberi label sesuai asal bunga : kapok randu, rambutan, eksekutif, multiflora, lengkeng, rambutan dsb. Atau di campur dengan royal jelly menjadi madu royal jelly atau madu super kemasan 400 mg dan 900 mg. Atau ditambah royal jelly dan pollen menjadi madu3 in one kemasan 400 mg.

Bambang mengakui baru belakangan ini mereka sangat serius memproduksi dan merancang strategi pemasaran untuk produk-produknya. Kapasitas produksi peternakan BAI pada saat ini dengan 300 koloni lebah super bisa menghasilkan 10 ton madu, 500 kg bee pollen, dan 100 kg royal jelly per tahun. Menurut rencana, tahun 2006 kapasitas produksinya akan ditingkatkan menjadi 500 koloni lebah sehingga ditargetkan produksi inti menjadi 25 ton madu/tahun, 1000 kg bee pollen dan 250 kg royal jelly. Dari peternak binaan atau plasma dapat di kumpulkan 100 ton madu, sedangkan bee pollen dan royal jelly dapat diatur sesuai permintaan pasar.

Menurut Bambang, kualitas madu dan turunannya yang dihasilkan IBAI memenuhi standard madu Indonesia dengan kadar air 21-23 % sesuai kondisi kelembaban udara di Indonesia. Untuk mencegah pemalsuan produk saat ini strategi bisnis yang dikembangkan Bambang dengan cara direct selling melalui Mobil Toko (MOKO) , pameran, melalui distributor/agen. “Sasaranya agar jarak antara konsumen dan produsen menjadi pendek untuk menjamin kesegaran madu dan pollen serta royal jelly sampai konsumen,”kata penerima Entrepreneur Agribusainess Award 2004, dari Departemen Pertanian dan Majalah Pengusaha ini. Bambang juga menawarkan kemitraan dan keagenan yang mau menjadi distributor dengan memberikan keuntungan 20%.

Untuk mengedukasi pasar dalam memperkuat strategi pemasarannya IBAI menyebarluaskan informasi untuk mengedukasi konsumen mengenai manfaat madu sebagai salah satu instrumen memecahkan masalah kesehatan bagi manusia. Penjelasan ini bisa diperoleh di sekitar mobil toko, pameran, atau datang ke rumah, atau dengan mengunjungi website, melalui iklan serta artikel di berbagai media masa.

Kerja keras Bambang mengembangkan madu nasional terlihat dari penghargaan yang diterimanya. Selain yang disebutkan di atas Bambang, pernah memperoleh Piagam penghargaan “Perintis Perlebahan Indonesia” dari Menteri Kehutanan dan Perkebunan tahun 2000. Pada tahun 1983 sampai 1993 terpilih sebagai Ketua Komisi Perlebahanm untuk Pembangunan APIMONDIA (Asosiasi Perlebahan sedunia)

“Madu kami dijamin lebih bermutu, karena lebih segar dan dicampur dengan royal jelly dan bee pollen dan dijamin murni. Motto kami adalah “The First” karena telah merintis usaha peternakan lebah sejak tahun 1974. The Best, karena quality control produk kami yang ketat. Different From Other karena kami tidak hanya menjual madu tapi madu plus royal jelly , pollen dan propolis yang manfaatnya jauh diatas produk madu yang beredar di pasaran,”kata Bambang berpromosi.

Untuk menunjang kontinuitas produksinya IBAI kini memiliki pusat produksi perlebahan di desa Titisan, Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi. Selain itu mereka juga menjalin kerja sama dengan peternak lebah binaan yang tersebar di Desa Tlogowungu, Pati, Desa Tayu Kabupaten Jepara, Desa Pingit Kabupaten Magelang Jawa Tengah dan PTPN XII Pasuruan Jawa Timur serta peternak di Kabupaten Subang Jawa Barat. Sebuah peluang bisnis untuk menjadi peterenak dan menjadi distributor Inti Bina Apriari Indonesia.

(disadur dari Forum KG)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

www.rumahcetak.com -- cetak, design, template